Orientasi Berjenjang Pemberian Makan Bayi Dan Anak (PMBA) Dan Penguatan Posyandu Di Kabupaten Jeneponto

 


Kamis (03/08/2023), Dinas Kesehatan Kabupaten Jeneponto bekerjasama dengan Jenewa Madani Indonesia bersama UNICEF  mengadakan Orientasi Berjenjang Pemberian Makanan Bayi dan Anak (PMBA) dan Penguatan Posyandu kepada 28 PKM yang terdiri dari TP PKK Kabupaten Jeneponto (2 orang), Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Jeneponto dan Sub Koordinator Kesehatan Keluarga dan Gizi Dinas Kesehatan Jeneponto. Kegiatan ini dilaksanakan di Kantor PKK Kabupaten Jeneponto. 

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Jeneponto Hj. Syusanty A. Mansyur, SKM., M.Kes juga turut hadir sebagai Narasumber dalam kegiatan ini. Beliau sangat mengapresiasi dan berterima kasih kepada pihak UNICEF dan JENEWA yang telah menginisiasi pertemuan ini. Diharapkan dengan adanya kegiatan ini, kasus stunting di Kabupaten Jeneponto dapat ditekan sehingga derajat kesehatan anak-anak Jeneponto dapat meningkat.

Orientasi berjenjang PMBA dan penguatan posyandu ini bertujuan agar peserta mendapatkan pemahaman orientasi berjenjang Pemberian Makan Bayi dan Anak (PMBA) serta penguatan posyandu dengan pendekatan Komunikasi Perubahan Perilaku (KPP) dan melakukan orientasi lanjutan kepada kader posyandu tentang PMBA dan penguatan posyandu dengan pendekatan KPP. Materi yang disampaikan pada orientasi ini terdiri dari materi Penguatan posyandu, pendekatan KPP dan konsep pelatihan berjenjang PMBA; Dukungan  posyandu dalam pencegahan stunting pada 1000 HPK; Gizi Ibu hamil (ANC) dan ibu menyusui; Pemantauan pertumbuhan, perkembangan, dan mekanisme umpan balik posyandu; Konseling; Demo pemorsian makanan ibu hamil dan mempersiapakn MP-ASI; Mobilisasi masyarakat dan kesimpulan pesan kunci yang pematerinya terdiri dari UNICEF dan Fasilitator Kabupaten.





Komentar

Postingan Populer