Pertemuan Validasi Data Profil Kesehatan Tahun 2022

 


Rabu (29/03/2023), Tim Subag Perencanaan bersama dengan pengelola data Puskesmas melakukan kegiatan pertemuan Validasi Data Profil Kesehatan Tahun 2022. Kegiatan ini bertujuan untuk menghasilkan data dan informasi yang akurat, tepat waktu serta sesuai kebutuhan  atau yang berkualitas.

Pertemuan Validasi Data Kesehatan ini merupakan kegiatan rutin yang diadakan setiap tahun dengan tujuan tersedianya data yang valid, lengkap dan akurat sebagai bahan penyusunan Dokumen Profil Kesehatan yang ideal,  tersusunnya kesepakatan-kesepakatan tentang data dan informasi kesehatan yang valid dan terpercaya sesuai kebutuhan dan tersosialisasinya informasi terkini terkait Penyusunan Profil Kesehatan dan Sistem Informasi Kesehatan.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Jeneponto Hj. Syusanty A. Mansyur, SKM., M.Kes, menyampaikan dan menghimbau kepada rekan pengelola data di Puskesmas agar tetap semangat dalam bekerja dan menjalankan tugas  meskipun dalam susana bulan Ramadhan  karena mereka adalah garda terdepan dalam pelaksanaan program-program kesehatan di Puskesmas. Beliau juga menghimbau kepada pengelola program akan pentingnya dan manfaat data dan informasi.

Data yang benar-benar akurat, terpecaya, bersinambungan, tepat waktu dan mutakhir, sangat diperlukan dalam pengelolaan program, perencanaan, pemantauan pelakasanan program dan proyek serta kegiatan yang akan dilakukan. Salah satu pemantapan dan pengembangan Sistem Informasi Kesehatan melalui pengumpulan data di Puskesmas. Dalam gerak pelaksanaannya masih banyak masalah dan kendala yang dihadapi baik di tingkat Kabupaten/Kota maupun di Provinsi yaitu tentang pencatatan, pengolahan maupun pelaporannya.      






Komentar

Postingan Populer